Daftar Isi:
  • ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri di Bandar Lampung. Metode sampling yang digunakan secara purposive sampling sehingga diperoleh 6 guru IPA. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa deskripsi proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar instrumen pelaksanaan pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan dengan standar proses dan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru kelas VII SMP Negeri di Bandar Lampung berdasarkan kurikulum 2013 sesuai dengan standar proses meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup memperoleh skor rata-rata 66,41% berkategori sedang. Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 yang telah sesuai dengan pendekatan saintifik meliputi aspek mengamati, menanya, mencoba, Meisyi Ardina iii mengasosiasi, dan mengkomunikasikan yaitu memperoleh skor rata-rata 53,33% berkategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri di Bandar Lampung berkategori “sedang”. Kata kunci: kurikulum 2013, pembelajaran IPA, standar proses, pendekatan saintifik