Daftar Isi:
  • asil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Pagar Dewa, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, akibatnya kurang merangsang aktivitas dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran TAI. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5 dan X6 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran TAI yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada aspek bertanya bernilai sebesar 87,5 %, aspek menjawab pertanyaan sebesar 90,28 %, dan aspek mengemukakan ide/pendapat sebesar 84,72 %. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 45, nilai postes sebesar 67 dan N-gain sebesar 0,39. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran tipe TAI. Data angket menunjukkan bahwa semua siswa (100%) merasa senang dan tertarik dengan model pembelajaran tipe TAI. Sebanyak (91,67%) siswa berpendapat bahwa model pembelajaran tipe TAI menjadikan siswa lebih aktif dalam diskusi kelas dan kelompok. Semua siswa (100%) berpendapat bahwa model pembelajaran tipe TAI membuat siswa menjadi lebih mudah untuk memahami materi tersebut sehingga siswa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal setelah belajar dengan model pembelajaran tipe TAI. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa.