ctrlnum 12295
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM&#xD; MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN &#xD; KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT &#xD; (TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN </title><creator>0713053056, TEGUH PRASETYO </creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar&#xD; siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Tujuan penelitian tindakan ini&#xD; untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman&#xD; melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan&#xD; tahun pelajaran 2011/2012. &#xD; Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau&#xD; Classroom Action Research. PTK terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang&#xD; dilakukan dalam siklus berdaur ulang yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)&#xD; pengamatan, dan (4) refleksi. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan&#xD; teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah&#xD; deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang&#xD; perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus II. &#xD; Hasil penelitian membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 8 Metro&#xD; Selatan melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dari siklus ke siklus mengalami&#xD; peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 65,90%, pada siklus II &#xD; diperoleh 78,40% meningkat 12,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar&#xD; 68,33, pada siklus II 73,54 mengalami peningkatan 5,21. &#xD; Berdasarkan hasil temuan penelitian, kegiatan membaca pemahaman&#xD; melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil&#xD; belajar siswa. Peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menerapkan&#xD; pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu alternatif pembelajaran&#xD; bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain.&#xD; </description><date>2012-10-13</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/2/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/3/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/4/DAFTAR%20GRAFIK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/6/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/7/HALAMAN%20PERSETUJUAN%20%26%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/8/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/9/MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/10/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/11/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/12/RIWAYAT%20HIDUp.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/13/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/14/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/15/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/16/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/17/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> 0713053056, TEGUH PRASETYO (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN. Other thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/12295/</relation><recordID>12295</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 0713053056, TEGUH PRASETYO
title PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN
publishDate 2012
isbn 9780713053050
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/12295/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/2/cover.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/3/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/4/DAFTAR%20GRAFIK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/6/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/7/HALAMAN%20PERSETUJUAN%20%26%20pengesahan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/8/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/9/MOTTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/10/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/11/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/12/RIWAYAT%20HIDUp.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/13/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/14/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/15/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/16/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/17/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/12295/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. PTK terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berdaur ulang yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 65,90%, pada siklus II diperoleh 78,40% meningkat 12,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,33, pada siklus II 73,54 mengalami peningkatan 5,21. Berdasarkan hasil temuan penelitian, kegiatan membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain.
id IOS4198.12295
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:20:23Z
last_indexed 2017-04-20T08:20:23Z
recordtype dc
_version_ 1686096600095522816
score 17.538404