PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN
ctrlnum |
12295 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM
MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN 
KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT 
(TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN </title><creator>0713053056, TEGUH PRASETYO </creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Tujuan penelitian tindakan ini
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman
melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan
tahun pelajaran 2011/2012. 
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau
Classroom Action Research. PTK terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang
dilakukan dalam siklus berdaur ulang yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan, dan (4) refleksi. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan
teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang
perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus II. 
Hasil penelitian membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 8 Metro
Selatan melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dari siklus ke siklus mengalami
peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 65,90%, pada siklus II 
diperoleh 78,40% meningkat 12,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar
68,33, pada siklus II 73,54 mengalami peningkatan 5,21. 
Berdasarkan hasil temuan penelitian, kegiatan membaca pemahaman
melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menerapkan
pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu alternatif pembelajaran
bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain.
</description><date>2012-10-13</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/2/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/3/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/4/DAFTAR%20GRAFIK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/6/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/7/HALAMAN%20PERSETUJUAN%20%26%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/8/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/9/MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/10/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/11/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/12/RIWAYAT%20HIDUp.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/13/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/14/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/15/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/16/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/17/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/12295/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> 0713053056, TEGUH PRASETYO (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN. Other thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/12295/</relation><recordID>12295</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Masters Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
0713053056, TEGUH PRASETYO |
title |
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM
MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT
(TGT) KELAS V SD NEGERI 8 METRO SELATAN |
publishDate |
2012 |
isbn |
9780713053050 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/12295/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/2/cover.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/3/DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/4/DAFTAR%20GRAFIK.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/5/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/6/DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/7/HALAMAN%20PERSETUJUAN%20%26%20pengesahan.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/8/KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/9/MOTTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/10/PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/11/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/12/RIWAYAT%20HIDUp.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/13/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/14/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/15/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/16/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/17/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/12295/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Tujuan penelitian tindakan ini
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman
melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT di kelas V SD Negeri 8 Metro Selatan
tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau
Classroom Action Research. PTK terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang
dilakukan dalam siklus berdaur ulang yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan, dan (4) refleksi. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan
teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang
perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus II.
Hasil penelitian membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 8 Metro
Selatan melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dari siklus ke siklus mengalami
peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 65,90%, pada siklus II
diperoleh 78,40% meningkat 12,50%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar
68,33, pada siklus II 73,54 mengalami peningkatan 5,21.
Berdasarkan hasil temuan penelitian, kegiatan membaca pemahaman
melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menerapkan
pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu alternatif pembelajaran
bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain.
|
id |
IOS4198.12295 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:20:23Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:20:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096600095522816 |
score |
17.538404 |