EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/ 2015)

Main Author: Emilda Mustapa, 1113021027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/11987/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/3/COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/4/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/5/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/6/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/7/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/10/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/11/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/14/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/15/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/16/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/17/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/18/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/19/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/21/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11987/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran langsung dengan pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi ke dalam 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitan ini berupa soal uraian mengenai kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran langsung dengan pendekatan problem posing lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, tetapi persentase siswa yang tuntas belajar tidak lebih dari 60%.