MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG DI KELAS XI IPS 1 SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Main Author: ANNISA CHAIRIYAH, 1113043007
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/11725/1/ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/3/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/4/COVER%20DEPAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/5/DAFTAR%20DIAGRAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/6/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/8/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/9/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/10/MENGESAHKAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/11/MENYETUJUI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/12/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/13/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/14/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/15/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/16/SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/130/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/17/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/131/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/18/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/20/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/21/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/22/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11725/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model TAI. Permasalahan penelitian adalah pembelajaran tari halibambang dan hasil belajar siswa menggunakan model TAI pada pembelajaran seni budaya di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori belajar yang digunakan pada penelitian adalah teori kognitivistik. Sumber data dalam penelitian adalah 30 siswa yang mempelajari 13 ragam gerak tari halibambang dan guru seni budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes sebagai instrumen panduan. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dalam pelaksanaan pembelajaran terlihat pada aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tari halibambang. Guru memberikan stimulan kepada siswa untuk menerapkan 3 komponen yang ada pada panduan pelaksanaan model pembelajaran TAI sesuai dengan deskriptor model pembelajaran yang telah ditetapkan. Panduan pelaksanaan model pembelajaran TAI dengan 3 komponen, yakni teams, siswa harus menerima dan menghargai siswa lain. Student creative, siswa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Team study, siswa bertanggung jawab terhadap setiap anggota kelompoknya. Hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan model pembelajaran TAI di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung mendapatkan kriteria baik dengan nilai ratarata 80,3 yang terlihat pada penilaian tes praktik siswa. Siswa mampu memperagakan gerak tari halibambang sesuai urutan, hitungan dan ketepatan gerak dengan musik. Kata kunci: belajar, model pembelajaran team assisted individualization, tari halibambang