PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SDN 08 METRO SELATAN
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN 08 Metro Selatan dengan persentase ketuntasan sebesar 46,16%. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model discovery learning dengan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan tes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 68,40 kategori ”Aktif” dengan persentase 65,38%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,46 kategori “Aktif” dengan persentase 76,92%. Afektif siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,15 kategori “Mulai Berkembang” dengan persentase 73,07%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,32 kategori “Mulai Berkembang” dengan persentase sebesar 84,61%. Psikomotor siswa siklus I memperoleh nilai ratarata 66,82 kategori “Terampil” dengan persentase 61,53%. Pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 74,51 kategori “Terampil” dengan persentase sebesar 76,92%. Kognitif siswa yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,80 dengan persentase sebesar 61,53% meningkat pada siklus II sebesar 77,10 dengan persentase 76,92%. Kata kunci: model discovery learning, media visual, aktivitas, hasil belajar.