MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 WONODADI GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU
ctrlnum |
11616 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI
PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V 

SD NEGERI 6 WONODADI GADINGREJO 
KABUPATEN PRINGSEWU </title><creator>1013119196, SUKARTI </creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Masalah yang dihadapi guru adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia . Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Sosiodrama dapat
meningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 6
Wonodadi Gadingrejo. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 2
siklus. Pola umum setiap tindakan meliputi 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3)
Observasi, dan 4) Refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar
observasi. 
Pembelajaran menggunakan metode sosiodrama mampu meningkatkan
prestasi belajar siswa. Peningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses
pembelajaran dari siklus ke siklus ditunjukkan dari jumlah siswa yang tuntas
belajar.. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 11 orang
(44%), kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah 12 orang
sehingga jumlah siswa yang tuntas pada akhir siklus II sebanyak 23 orang (92%).
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode 
sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia.
</description><date>2012-11-27</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/1/1.%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/2/3.%20pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/3/6.%20MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/4/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/5/8.%20PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/6/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/11/BAB%20V.pdf</identifier><identifier> 1013119196, SUKARTI (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 WONODADI GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Other thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/11616/</relation><recordID>11616</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Masters Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
1013119196, SUKARTI |
title |
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI
PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V
SD NEGERI 6 WONODADI GADINGREJO
KABUPATEN PRINGSEWU |
publishDate |
2012 |
isbn |
9781013119194 |
topic |
A General Works = Karya Karya Umum |
url |
http://digilib.unila.ac.id/11616/1/1.%20cover.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/2/3.%20pernyataan.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/3/6.%20MOTTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/4/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/5/8.%20PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/6/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/7/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/8/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/9/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/11/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/11616/ |
contents |
Masalah yang dihadapi guru adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia . Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Sosiodrama dapat
meningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 6
Wonodadi Gadingrejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 2
siklus. Pola umum setiap tindakan meliputi 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3)
Observasi, dan 4) Refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar
observasi.
Pembelajaran menggunakan metode sosiodrama mampu meningkatkan
prestasi belajar siswa. Peningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses
pembelajaran dari siklus ke siklus ditunjukkan dari jumlah siswa yang tuntas
belajar.. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 11 orang
(44%), kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah 12 orang
sehingga jumlah siswa yang tuntas pada akhir siklus II sebanyak 23 orang (92%).
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode
sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia.
|
id |
IOS4198.11616 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:18:41Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:18:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096594703745024 |
score |
17.538404 |