ctrlnum 11616
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI&#xD; PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V &#xD; &#xD; SD NEGERI 6 WONODADI GADINGREJO &#xD; KABUPATEN PRINGSEWU </title><creator>1013119196, SUKARTI </creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Masalah yang dihadapi guru adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar&#xD; siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia . Tujuan dalam penelitian ini&#xD; adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Sosiodrama dapat&#xD; meningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 6&#xD; Wonodadi Gadingrejo. &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 2&#xD; siklus. Pola umum setiap tindakan meliputi 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3)&#xD; Observasi, dan 4) Refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar&#xD; observasi. &#xD; Pembelajaran menggunakan metode sosiodrama mampu meningkatkan&#xD; prestasi belajar siswa. Peningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses&#xD; pembelajaran dari siklus ke siklus ditunjukkan dari jumlah siswa yang tuntas&#xD; belajar.. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 11 orang&#xD; (44%), kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah 12 orang&#xD; sehingga jumlah siswa yang tuntas pada akhir siklus II sebanyak 23 orang (92%).&#xD; Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode &#xD; sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia.&#xD; </description><date>2012-11-27</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/1/1.%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/2/3.%20pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/3/6.%20MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/4/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/5/8.%20PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/6/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11616/11/BAB%20V.pdf</identifier><identifier> 1013119196, SUKARTI (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 WONODADI GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Other thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/11616/</relation><recordID>11616</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 1013119196, SUKARTI
title MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 WONODADI GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU
publishDate 2012
isbn 9781013119194
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/11616/1/1.%20cover.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/2/3.%20pernyataan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/3/6.%20MOTTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/4/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/5/8.%20PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/6/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/8/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/9/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/10/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/11/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11616/
contents Masalah yang dihadapi guru adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia . Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Sosiodrama dapat meningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 6 Wonodadi Gadingrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Pola umum setiap tindakan meliputi 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Pembelajaran menggunakan metode sosiodrama mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran dari siklus ke siklus ditunjukkan dari jumlah siswa yang tuntas belajar.. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 11 orang (44%), kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah 12 orang sehingga jumlah siswa yang tuntas pada akhir siklus II sebanyak 23 orang (92%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia.
id IOS4198.11616
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:18:41Z
last_indexed 2017-04-20T08:18:41Z
recordtype dc
_version_ 1686096594703745024
score 17.538404