PENGARUH JOYFUL LEARNING MELALUI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 GadingrejoTahun Pelajaran 2014/2015)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Joyful Learning melalui PBL dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi pokok perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Gadingrejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas X MIA 3 dan X MIA 5 SMA Negeri 1 Gadingrejo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa keterampilan proses sains dan tanggapan siswa terhadap penggunaan Joyful Learning melalui PBL pada materi pokok perubahan lingkungan yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Joyful Learning melalui PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa yang dibuktikan dengan ̅ pretes eksperimen = 49,99 ± 5,94; ̅ postes eksperimen = 81,13 ± 10,94 ; ̅ N-gain = 62,06 ± 18,89. Masing-masing indikator KPS mengalami peningkatan, namun tidak semua indikator meningkat dengan berbeda secara signifikan. Indikator KPS yang meningkat secara signifikan yaitu pada (1) mengkomunikasikan dengan rata-rata N-gain 48,43 ± 45,79 , (2) merumuskan masalah dengan rata-rata N-gain 68,72 ± 36,11, (3) menghipotesis dengan rata-rata N-gain 62,5 ± 0,23, (4) mengamati dengan rata-rata N-gain 70,31 ± 45,54 dan (5) menyimpulkan dengan rata-rata N-gain 50,77 ± 26,81, sedangkan (6) memprediksi dengan rata-rata N-gain 64,81 ± 25,86 mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan observasi dalam semua aspek yang diamati sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap Joyful Learning melalui PBL. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan Joyful Learning melalui PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa pada materi pokok perubahan lingkungan. Kata kunci : Joyful Learning, Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Perubahan Lingkungan