Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa di sekolah. Adapun permasalahan penelitian ini adalah apakah peningkatan minat belajar dapat tercapai dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 dan sekaligus sebagai subjek penelitian yang terbagi menjadi dua kelompok yakni eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka probabilitas < sig. 0.05 (0.005<0.05) pada kelompok eksperimen maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, sedangkkan pada kelompok kontrol probabilitas > 0.05 (0.339>0.05) artinya bahwa Ha2 ditolak dan Ho2 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi layanan bimbingan kelompok, selain dari pada itu layanan bimbingan kelompok juga efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran dalam penelitian ini ditujukan ; (1) kepada siswa SMP Negeri 1 Bandar Lampung, hendaknya mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar, (2) kepada guru bimbingan dan konseling, hendaknya menjadikan kegiatan layanan bimbingan kelompok sebagai salah satu program unggulan dalam bimbingan dan konseling di sekolah sebab hal ini sangat efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa. (3) bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian tentang peningkatan minat belajar hendaknya dapat menggunakan subjek yang berbeda dan meneliti variabel lainnya. Kata kunci : bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, minat belajar.