PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA
ctrlnum |
11223 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA</title><creator>Siska Wijayanti, 1113023073</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>ABSTRAK

Pengembangan sumber belajar berbasis teknologi merupakan salah satu upaya untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara interaktif. Sumber belajar alternatif yang bisa dikembangkan dengan ber¬teknologi adalah e-book interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-book interaktif, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan e-book interaktif ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). e-Book interaktif hasil dari pengembangan memiliki beberapa karakteristik seperti dilengkapi dengan fenomena-fenomena kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan dilengkapi dengan gambar, animasi atau video yang sudah memenuhi level representasi kimia (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik) untuk mendukung penjelasan dari materi yang ada dalam e-book interaktif tersebut. Faktor-faktor yang mendukung proses pengembangan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia yaitu sikap kooperatif dari pihak sekolah yang memudahkan peneliti untuk mendapatkan perijinan melakukan uji coba terbatas, sikap antusiasme guru dan siswa/siswi terhadap produk e-book interaktif hasil dari pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilaksanakan di salah satu SMA di kota Metro, tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi dan grafika serta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan, diperoleh persentase berturut-turut sebesar 98,46%; 98,00%; dan 86,63% yang semuanya dikategorikan sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia telah memenuhi aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, aspek grafika yang baik dengan dilengkapi contoh gambar, animasi atau video yang memenuhi level representasi kimia dan telah memenuhi aspek keterbacaan yang baik. 

Kata kunci : e-book interaktif, kesetimbangan kimia, representasi kimia.

</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN </publisher><date>2015-07-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/1/COVER%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/3/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/4/MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/5/MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/6/SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/8/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/9/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/10/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/11/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/12/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/14/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/15/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/16/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/18/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Siska Wijayanti, 1113023073 (2015) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/11223/</relation><recordID>11223</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
Siska Wijayanti, 1113023073 |
title |
PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2015 |
isbn |
9781113023070 |
topic |
LB Theory and practice of education QD Chemistry |
url |
http://digilib.unila.ac.id/11223/1/COVER%20DEPAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/2/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/3/COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/4/MENYETUJUI.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/5/MENGESAHKAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/6/SURAT%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/8/PERSEMBAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/9/MOTO.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/10/SANWACANA.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/11/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/12/DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/14/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/15/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/16/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/17/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/18/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/11223/ |
contents |
ABSTRAK
Pengembangan sumber belajar berbasis teknologi merupakan salah satu upaya untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara interaktif. Sumber belajar alternatif yang bisa dikembangkan dengan ber¬teknologi adalah e-book interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-book interaktif, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan e-book interaktif ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). e-Book interaktif hasil dari pengembangan memiliki beberapa karakteristik seperti dilengkapi dengan fenomena-fenomena kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan dilengkapi dengan gambar, animasi atau video yang sudah memenuhi level representasi kimia (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik) untuk mendukung penjelasan dari materi yang ada dalam e-book interaktif tersebut. Faktor-faktor yang mendukung proses pengembangan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia yaitu sikap kooperatif dari pihak sekolah yang memudahkan peneliti untuk mendapatkan perijinan melakukan uji coba terbatas, sikap antusiasme guru dan siswa/siswi terhadap produk e-book interaktif hasil dari pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilaksanakan di salah satu SMA di kota Metro, tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi dan grafika serta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan, diperoleh persentase berturut-turut sebesar 98,46%; 98,00%; dan 86,63% yang semuanya dikategorikan sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia telah memenuhi aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, aspek grafika yang baik dengan dilengkapi contoh gambar, animasi atau video yang memenuhi level representasi kimia dan telah memenuhi aspek keterbacaan yang baik.
Kata kunci : e-book interaktif, kesetimbangan kimia, representasi kimia.
|
id |
IOS4198.11223 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:17:15Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:17:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096591472033792 |
score |
17.538404 |