ctrlnum 11223
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA</title><creator>Siska Wijayanti, 1113023073</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Pengembangan sumber belajar berbasis teknologi merupakan salah satu upaya untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara interaktif. Sumber belajar alternatif yang bisa dikembangkan dengan ber&#xAC;teknologi adalah e-book interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-book interaktif, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan e-book interaktif ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). e-Book interaktif hasil dari pengembangan memiliki beberapa karakteristik seperti dilengkapi dengan fenomena-fenomena kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan dilengkapi dengan gambar, animasi atau video yang sudah memenuhi level representasi kimia (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik) untuk mendukung penjelasan dari materi yang ada dalam e-book interaktif tersebut. Faktor-faktor yang mendukung proses pengembangan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia yaitu sikap kooperatif dari pihak sekolah yang memudahkan peneliti untuk mendapatkan perijinan melakukan uji coba terbatas, sikap antusiasme guru dan siswa/siswi terhadap produk e-book interaktif hasil dari pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilaksanakan di salah satu SMA di kota Metro, tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi dan grafika serta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan, diperoleh persentase berturut-turut sebesar 98,46%; 98,00%; dan 86,63% yang semuanya dikategorikan sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia telah memenuhi aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, aspek grafika yang baik dengan dilengkapi contoh gambar, animasi atau video yang memenuhi level representasi kimia dan telah memenuhi aspek keterbacaan yang baik. &#xD; &#xD; Kata kunci : e-book interaktif, kesetimbangan kimia, representasi kimia.&#xD; &#xD; </description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN </publisher><date>2015-07-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/1/COVER%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/3/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/4/MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/5/MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/6/SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/8/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/9/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/10/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/11/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/12/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/14/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/15/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/16/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/18/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11223/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Siska Wijayanti, 1113023073 (2015) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/11223/</relation><recordID>11223</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Siska Wijayanti, 1113023073
title PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2015
isbn 9781113023070
topic LB Theory and practice of education
QD Chemistry
url http://digilib.unila.ac.id/11223/1/COVER%20DEPAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/3/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/4/MENYETUJUI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/5/MENGESAHKAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/6/SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/8/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/9/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/10/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/11/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/12/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/14/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/15/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/17/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/18/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11223/
contents ABSTRAK Pengembangan sumber belajar berbasis teknologi merupakan salah satu upaya untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara interaktif. Sumber belajar alternatif yang bisa dikembangkan dengan ber¬teknologi adalah e-book interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-book interaktif, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan e-book interaktif ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). e-Book interaktif hasil dari pengembangan memiliki beberapa karakteristik seperti dilengkapi dengan fenomena-fenomena kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan dilengkapi dengan gambar, animasi atau video yang sudah memenuhi level representasi kimia (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik) untuk mendukung penjelasan dari materi yang ada dalam e-book interaktif tersebut. Faktor-faktor yang mendukung proses pengembangan e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia yaitu sikap kooperatif dari pihak sekolah yang memudahkan peneliti untuk mendapatkan perijinan melakukan uji coba terbatas, sikap antusiasme guru dan siswa/siswi terhadap produk e-book interaktif hasil dari pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilaksanakan di salah satu SMA di kota Metro, tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi dan grafika serta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan, diperoleh persentase berturut-turut sebesar 98,46%; 98,00%; dan 86,63% yang semuanya dikategorikan sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa e-book interaktif pada materi kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia telah memenuhi aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, aspek grafika yang baik dengan dilengkapi contoh gambar, animasi atau video yang memenuhi level representasi kimia dan telah memenuhi aspek keterbacaan yang baik. Kata kunci : e-book interaktif, kesetimbangan kimia, representasi kimia.
id IOS4198.11223
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
last_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
recordtype dc
_version_ 1686096591472033792
score 17.538404