ctrlnum 11221
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUTUSKAN SUMBER YANG DAPAT DIPERCAYA PADA MATERI GARAM HIDROLISIS&#xD; </title><creator>Nova Armania Twoiningtiyas, 1113023046</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Model problem solving merupakan model pembelajaran berbasis masalah dimana peserta didik dituntut untuk menemukan sendiri pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 5 kelas di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan ditetapkan 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kelas kontrol). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian setelah dilakukan uji-t&#x2019;, menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kedua kelas penelitian berbeda secara signifikan dengan diperoleh rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa dalam memutuskan sumber yang dipercaya pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa di kelas kontrol pada materi garam hidrolisis. Didukung juga dari hasil observasi yang diperoleh bahwa peningkatan rata-rata afektif siswa disetiap pertemuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis.</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2015-07-06</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/7/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/8/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/9/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/10/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/11/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/13/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/14/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/102/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/16/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/17/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11221/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nova Armania Twoiningtiyas, 1113023046 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUTUSKAN SUMBER YANG DAPAT DIPERCAYA PADA MATERI GARAM HIDROLISIS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/11221/</relation><recordID>11221</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Nova Armania Twoiningtiyas, 1113023046
title EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUTUSKAN SUMBER YANG DAPAT DIPERCAYA PADA MATERI GARAM HIDROLISIS
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2015
isbn 9781113023049
topic LB Theory and practice of education
QD Chemistry
url http://digilib.unila.ac.id/11221/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/7/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/8/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/9/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/10/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/11/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/13/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/14/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/102/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/16/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/17/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11221/
contents Model problem solving merupakan model pembelajaran berbasis masalah dimana peserta didik dituntut untuk menemukan sendiri pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 5 kelas di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan ditetapkan 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kelas kontrol). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian setelah dilakukan uji-t’, menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kedua kelas penelitian berbeda secara signifikan dengan diperoleh rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa dalam memutuskan sumber yang dipercaya pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa di kelas kontrol pada materi garam hidrolisis. Didukung juga dari hasil observasi yang diperoleh bahwa peningkatan rata-rata afektif siswa disetiap pertemuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis.
id IOS4198.11221
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
last_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
recordtype dc
_version_ 1686096591463645184
score 17.538404