PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem)

Main Author: Merry Agustina, 1113024046
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/11217/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/3/COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/6/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/10/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/11/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/14/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/15/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/17/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/18/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11217/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Postest. Sampel penelitian adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIKK sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari jawaban lembar kerja siswa (LKS) dan persepsi siswa mengenai model pembelajaran discovery learning yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest, kemudian dianalisis menggunakan Uji t dengan taraf signifikasi 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata persentase (eksperimen = 75.58% dengan kriteria baik; kontrol = 70.08% dengan kriteria cukup). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen juga berpengaruh sangat signifikan dengan nilai rata-rata N-gain (eksperimen = 65.06; kontrol = 47.13). Kemudian semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Ekosistem