PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem)

Main Author: Khoirunnisa, 1113024036
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/11216/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/3/COVER%20DEPAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/6/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/10/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/11/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/14/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/15/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/17/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/18/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/
ctrlnum 11216
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA&#xD; (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung&#xD; Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem)</title><creator>Khoirunnisa, 1113024036</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><subject>LC Special aspects of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Desain penelitian adalah desain control group pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning diperoleh dari angket dan penilaian kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari jawaban lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan postest, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis siswa dalam semua indikator pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada indikator melakukan induksi sebesar 79%, indikator melakukan evaluasi 73%, indikator melakukan deduksi 79% dan indikator memberikan argumen 76%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (34,72); postest (75,82); dan N-gain (61,92). Selain itu, sebagian besar siswa (86,75%) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem.&#xD; &#xD; Kata kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Ekosistem</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2015-07-07</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/3/COVER%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/6/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/10/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/11/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/13/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/14/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/15/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/16/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/18/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11216/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Khoirunnisa, 1113024036 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/11216/</relation><recordID>11216</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Khoirunnisa, 1113024036
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem)
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2015
isbn 9781113024039
topic A General Works = Karya Karya Umum
LC Special aspects of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/11216/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/3/COVER%20DEPAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/6/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/10/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/11/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/14/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/15/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/17/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/18/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11216/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Desain penelitian adalah desain control group pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning diperoleh dari angket dan penilaian kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari jawaban lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan postest, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis siswa dalam semua indikator pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada indikator melakukan induksi sebesar 79%, indikator melakukan evaluasi 73%, indikator melakukan deduksi 79% dan indikator memberikan argumen 76%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (34,72); postest (75,82); dan N-gain (61,92). Selain itu, sebagian besar siswa (86,75%) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Ekosistem
id IOS4198.11216
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
last_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
recordtype dc
_version_ 1686096591439527936
score 17.538404