ctrlnum 11215
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING&#xD; TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL&#xD; BELAJAR SISWA&#xD; (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung&#xD; TP. 2014/2015 Materi Pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan&#xD; Lingkungan)</title><creator>Welly Mentari, 1113024070</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan.&#xD; Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Bandar Lampung dengan populasi seluruh siswa kelas VIIA sampai VIIJ. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain dari penelitian ini berupa control group pretest-postest. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning yang diperoleh melalui angket persepsi siswa dan nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh melalui lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Kemudian, data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap sub indikator yang diamati mengalami peningkatan. Pada sub indikator melakukan induksi sebesar 79%, melakukan deduksi sebesar 80%, melakukan evaluasi sebesar 85%, dan memberikan argumen sebesar 80%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar 31,78 dan nilai postest sebesar 76,12. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan.&#xD; &#xD; Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, interaksi antar makhluk hidup, lingkungan</description><date>2015-07-07</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/3/COVER%20LUAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/5/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/6/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/10/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/11/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/13/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/14/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/15/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/16/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/17/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/18/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/11215/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Welly Mentari, 1113024070 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung TP. 2014/2015 Materi Pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan). Other thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/11215/</relation><recordID>11215</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Welly Mentari, 1113024070
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung TP. 2014/2015 Materi Pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan)
publishDate 2015
isbn 9781113024077
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/11215/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/3/COVER%20LUAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/5/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/6/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/10/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/11/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/13/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/14/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/15/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/17/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/18/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/11215/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Bandar Lampung dengan populasi seluruh siswa kelas VIIA sampai VIIJ. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain dari penelitian ini berupa control group pretest-postest. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning yang diperoleh melalui angket persepsi siswa dan nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh melalui lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Kemudian, data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap sub indikator yang diamati mengalami peningkatan. Pada sub indikator melakukan induksi sebesar 79%, melakukan deduksi sebesar 80%, melakukan evaluasi sebesar 85%, dan memberikan argumen sebesar 80%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar 31,78 dan nilai postest sebesar 76,12. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan. Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, interaksi antar makhluk hidup, lingkungan
id IOS4198.11215
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
last_indexed 2017-04-20T08:17:15Z
recordtype dc
_version_ 1686096591434285056
score 17.538404