Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menjawab Pertanyaan Klarifikasi
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control-Group Design. Efektivitas penggunaan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada kelas kontrol sebesar 0,51 dan kelas eksperimen sebesar 0,64. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan klarifikasi.