Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 3 GEDUNG AIR KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh LINA WIDIA SARI Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Gedung Air Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian experimen berupa control group pretest posttest. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD yang sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian yang berjumlah 33 siswa. Hasil analisis data regresi linier sederhana ada pengaruh antara penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 0,680 dan harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,462. Dan menghasilkan thitung sebesar 5,167 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,040. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung=5,167> ttabel = 2,040. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Gedung Air Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: metode inkuiri, hasil belajar.