STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Main Author: FITRI MARETTA, 1113031029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/10517/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/4/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/6/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/9/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/11/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/7/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/10/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/14/DAFTAR%20GRAFIK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/15/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/17/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/18/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/19/BAB%20V%20.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10517/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning dan Time Token. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi penelitian berjumlah 289 siswa dengan jumlah sampel 82 siswa. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, penilaian antar teman, tes, dan portofolio. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar sikap spiritual IPS Terpadu siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Time Token lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning, (2) hasil belajar sikap sosial IPS Terpadu siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Time Token lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning, (3) hasil belajar pengetahuan IPS Terpadu siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Time Token, (4) hasil belajar keterampilan IPS Terpadu siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Time Token. Kata kunci: hasil belajar, problem based learning, time token