PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 3 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVB SD Negeri 3 Metro Pusat sebesar 36,36% siswa yang tuntas dari 22 siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IVB melalui penerepan pendekatan RME. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklusnya, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siklus I 61,48% dan Siklus II 77,39% meningkat 15,91%. Rata-rata nilai afektif siklus I 60,12 dan siklus II 78,52 meningkat 18,41. Rata-rata nilai psikomotor siklus I 62,05 dan siklus II 76,14 meningkat 14,09. Rata-rata nilai kognitif siklus I 68,64 dan siklus II sebesar 75,45 meningkat 6,81. siklus I persentase ketuntasan belajar siswa 59,09% siklus II 81,82% meningkat 22,73%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan RME