UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL LAMBANG HURUF VOKAL DAN KONSONAN DALAM LINGKUP KOGNITIF MELALUI PERMAINAN JAGA BENTENG DI TAMAN KANAK-KANAK SETIA KAWAN PANJANG TAHUN 2015

Main Author: Vina Agustina, 1213254036
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/10236/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/14/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/20/PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/21/PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/4/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/5/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/6/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/7/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/8/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/125/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/9/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/10/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/11/DAFTAR%20GRAFIK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/15/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/119/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/16/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/126/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/17/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/10236/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL LAMBANG HURUF VOKAL DAN KONSONAN DALAM LINGKUP KOGNITIF MELALUI PERMAINAN JAGA BENTENG DI TAMAN KANAK-KANAK SETIA KAWAN PANJANG TAHUN 2015 Oleh VINA AGUSTINA Masalah yang ditemukan saat proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Setia Kawan Panjang Bandar Lampung Kelompok B Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah masih rendahnya kemampuan kognitif pada anak, khususnya kemampan mengenal lambang huruf vokal dan konsonan. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada anak usia dini belum menggunakan permainan tapi pembelajaran yang bersifat akademik dan guru juga belum menggunakan alat permainan edukatif yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak dalam mengenal lambang huruf vokal dan konsonan melalui permainan Jaga Benteng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dari siklus I sampai dengan siklus III. Dalam penelitian ini kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang huruf vokal dan konsonan melalui permainan Jaga Benteng dapat meningkat, sehingga kriteria yang diharapkan dapat tercapai yaitu BSB (Berkembang Sangat Baik). Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan model permainan Jaga Benteng dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf vokal dan konsonan. Kata Kunci : Kognitif, Lambang Huruf Vokal dan Konsonan, Permainan Jaga Benteng.