Daftar Isi:
  • salah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Adirejo yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa aktif dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I (60,8) persentase (52,4%) kriteria “Cukup Aktif,” siklus II (64,2) persentase (66,7%) kriteria “Aktif,” dan siklus III (75,1) persentase (81,0%) kriteria “Sangat Aktif.” Nilai rata-rata hasil belajar secara berturut-turut yaitu kognitif siklus I (57) persentase (61,9%) kategori “Sedang,” siklus II (64,2) persentase (71,4%) kategori “Sedang,” siklus III (74,6) persentase (85,7%) kategori “Tinggi.” Afektif siklus I (64,4) persentase (52,4%) kategori “Rendah,” siklus II (74,3) persentase (71,4%) kategori “Sedang,” dan siklus III (83,3) persentase (90,5%) kategori “Sangat Tinggi.” Psikomotor siklus I (65,9) persentase (47,6%) kategori “Rendah,” siklus II (73,2) persentase (66,7%) kategori “Sedang,” dan siklus III (83,0) persentase (85,7%) kategori “Tinggi.” Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan kontekstual.