PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012)
ctrlnum |
1009 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title> PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) 
TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP 
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul 
Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012) </title><creator>Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description> Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran. Penelitian ini 
bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap 
penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup, 2) 
mengetahui penggunaan strategi LSQ mampu meningkatkan penguasaan materi 
oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. 
Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada 
penelitian ini adalah kelas VII
sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII
A
D
sebagai 
kelas eksperimen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data 
penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal 
dan tes akhir, yang kemudian dicari N-gain, dan selanjutnya dianalisis 
menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17. 
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas 
eksperimen yang menggunakan strategi LSQ sebesar 69,63 meningkat 16,30% 
dari rata-rata sebelumnya yang hanya sebesar 53,33. Sedangkan rata-rata 
penguasaan materi oleh siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi 
LSQ sebesar 62,50 hanya meningkat 9,39% dari rata-rata sebelumnya sebesar 
53,21. Sementara itu pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan 
penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53 
lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 18,73 dengan taraf kepercayaan sebesar 
95%. 
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini 
menunjukkan penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan 
penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. 
Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Learning Start with a Question, penguasaan 
materi </description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-04-17</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/3/4.%20HAL%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/4/5.%20HAL%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/5/6.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/13/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH (2013) PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1009/</relation><recordID>1009</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:Archive Document Report:Report Report |
author |
Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH |
title |
PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ)
TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul
Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012) |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education QH301 Biology |
url |
http://digilib.unila.ac.id/1009/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/3/4.%20HAL%20PERSETUJUAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/4/5.%20HAL%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/5/6.%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/7/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/8/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/9/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/11/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/1009/13/LAMPIRAN.zip http://digilib.unila.ac.id/1009/ |
contents |
Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap
penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup, 2)
mengetahui penggunaan strategi LSQ mampu meningkatkan penguasaan materi
oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup.
Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas VII
sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII
A
D
sebagai
kelas eksperimen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data
penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal
dan tes akhir, yang kemudian dicari N-gain, dan selanjutnya dianalisis
menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas
eksperimen yang menggunakan strategi LSQ sebesar 69,63 meningkat 16,30%
dari rata-rata sebelumnya yang hanya sebesar 53,33. Sedangkan rata-rata
penguasaan materi oleh siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi
LSQ sebesar 62,50 hanya meningkat 9,39% dari rata-rata sebelumnya sebesar
53,21. Sementara itu pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan
penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53
lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 18,73 dengan taraf kepercayaan sebesar
95%.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini
menunjukkan penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan
penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup.
Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Learning Start with a Question, penguasaan
materi |
id |
IOS4198.1009 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:04:29Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:04:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096519863730176 |
score |
17.538404 |