ctrlnum 1009
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title> PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) &#xD; TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP &#xD; (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul &#xD; Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012) </title><creator>Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description> Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran. Penelitian ini &#xD; bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap &#xD; penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup, 2) &#xD; mengetahui penggunaan strategi LSQ mampu meningkatkan penguasaan materi &#xD; oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. &#xD; Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada &#xD; penelitian ini adalah kelas VII&#xD; sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII&#xD; A&#xD; D&#xD; sebagai &#xD; kelas eksperimen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data &#xD; penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal &#xD; dan tes akhir, yang kemudian dicari N-gain, dan selanjutnya dianalisis &#xD; menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas &#xD; eksperimen yang menggunakan strategi LSQ sebesar 69,63 meningkat 16,30% &#xD; dari rata-rata sebelumnya yang hanya sebesar 53,33. Sedangkan rata-rata &#xD; penguasaan materi oleh siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi &#xD; LSQ sebesar 62,50 hanya meningkat 9,39% dari rata-rata sebelumnya sebesar &#xD; 53,21. Sementara itu pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan &#xD; penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53 &#xD; lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 18,73 dengan taraf kepercayaan sebesar &#xD; 95%. &#xD; Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini &#xD; menunjukkan penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan &#xD; penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. &#xD; Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Learning Start with a Question, penguasaan &#xD; materi </description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-04-17</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/3/4.%20HAL%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/4/5.%20HAL%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/5/6.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1009/13/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH (2013) PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1009/</relation><recordID>1009</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:Archive
Document
Report:Report
Report
author Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH
title PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012)
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/1009/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/3/4.%20HAL%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/4/5.%20HAL%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/5/6.%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/8/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/9/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/10/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/11/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1009/13/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/1009/
contents Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup, 2) mengetahui penggunaan strategi LSQ mampu meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII A D sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir, yang kemudian dicari N-gain, dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi LSQ sebesar 69,63 meningkat 16,30% dari rata-rata sebelumnya yang hanya sebesar 53,33. Sedangkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi LSQ sebesar 62,50 hanya meningkat 9,39% dari rata-rata sebelumnya sebesar 53,21. Sementara itu pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53 lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 18,73 dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Learning Start with a Question, penguasaan materi
id IOS4198.1009
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:04:29Z
last_indexed 2017-04-20T08:04:29Z
recordtype dc
_version_ 1686096519863730176
score 17.538404