Analisa Kegagalan Bantalan Luncur (Bush) pada Poros Sepatu Rem Kereta Api

Main Authors: Putra, Adi Ganda, Pawawoi, Pawawoi
Format: Article info Makalah dengan sistem peer-review application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Teknik - Universitas Jenderal Achmad Yani , 2019
Online Access: http://jurnalteknik.unjani.ac.id/index.php/jt/article/view/182
http://jurnalteknik.unjani.ac.id/index.php/jt/article/view/182/65
Daftar Isi:
  • Bantalan Luncur (Bush) pada poros sepatu rem kereta api berfungsi membantu proses pengereman yang terjadi pada kereta api yang akan berhenti. Kegagalan bantalan luncur dalam membantu proses pengereman yang terjadi pada kereta api akan mengakibatkan kereta bisa tergelincir atau yang lebih fatal akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Kerusakan pada bantalan luncur ini terjadi karena adanya konsentrasi tegangan sehingga tegangan yang diterima melebihi kekuatan dari bantalan luncur. Akibatnya bantalan luncur mengalami patah. Tegangan yang terjadi akibat adanya konsentrasi tegangan sebesar 21,32 kgf/mm2 sedangkan tegangan yang diijinkan adalah 16,4 kgf/mm2 . Perbedaan yang besar ini menyebabkan terjadinya deformasi dan patah pada bantalan luncur. bentuk patahan yang terjadi berupa patah transgranular. Sehingga pada material bush yaitu patah transgranular .