PENGARUH HARGA BELi TEBU, KUALITAS LAYANAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PETANI UNTUK MENJUAL TEBU DI PABRIK GULA RENDENG KUDUS

Main Author: Faisol, Muhammad Iqbal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Master of Management Diponegoro University , 2015
Subjects:
Online Access: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/13969
http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/13969/10568
Daftar Isi:
  • Tebu merupakan sa/ah satu komoditas yang sangat penting di Indonesia. Pabrik Gula Rendeng dikenal sebagai PG Rendeng Kudus adalah salah satu pabrik yang memproduksi tebu. Untuk memenuhi produksi bahan baku gula, PG Rendeng membeli gula petani tebu panen dengan sistem konten hasil gu/a dan harga gula transparan. Di sisi lain, petani dihadapkan dengan keuntungan lain seperti keuntungan harga, kualitas layanan, reputasi, dan kepercayaan dari pabrik gula Jain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga pembelian tebu, kualitas /ayanan dan reputasi perusahaan untuk keputusan untuk menjual petani tebu di PG Rendeng. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah putposlvĀ» sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 150 orang anggota Koperasi Petani Tebu Rakyat Tebu Abadi (KPTR Tebu Abadi) Kabupaten Jepara yang menjadi mitra PG Rendeng. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model diterima. Hasil dan implikasi teoritis dari penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya tentang hubungan antara variabel keuntungan harga, kualitas layanan, reputasi, kepercayaan dari pabrik gula lain dan hubungan jangka panjang. Dengan demikian, keputusan untuk menjual dari petani tebu dipengaruhi keuntungan harga variabel, reputasi, dan kepercayaan pada PG Rendeng. Sementara variabel kualitas.pelayanan tidak mempengaruhi PG Rendeng.