Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Terbarukan

Main Authors: Putri, Kintanisa Dinanti, Suyanto, Eko, Nyeneng, I Dewa Putu
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda , 2019
Online Access: http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/474
http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/474/245
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII MIPA4 yang menjadi kelas eksperimen dan XII MIPA5 menjadi kelas kontrol di SMA Negeri 3 Kotabumi menggunakan Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan skor T-Test rata-rata nilai sig yang diperoleh adalah 0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak. Hasil uji effect size  yang diperoleh dari perhitungan cohen’s d sebesar 2,34 dan hasil nilai effect size  r diperoleh sebesar 0,76 artinya penerapan model pembelajaran kontekstual berpengaruh cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.