Pengembangan Ranah Afektif dan Psikomotor Siswa dalam Implementasi Kurikulum 2013: Pengembangan Ranah Afektif dan Psikomotor Siswa

Main Author: Ismail, Ismail
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG , 2019
Online Access: http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/248
http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/248/199
Daftar Isi:
  • Abstrak Ada dua pertanyaan yang menjadi studi utama dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana pengembangan ranah afektif dan psikomotorik pada implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Camplong ? Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat untuk pengembangan ranah afektif dan psikomotorik pada implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Camplong ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, pengembangan ranah afektif dan psikomotorik pada implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Camplong adalah sebagai berikut: (a) Berbagai kegiatan pembelajaran berbasis sumber; (b) Proses pembelajaran menggunakan pembelajaran ilmiah sebagai penguat; (c) Kegiatan pembelajaran berbasis kompetensi; (d) Sistem pembelajaran terpadu; (e) Meningkatkan keterampilan intelektual, mental dan fisik, (f) Sistem pembelajaran yang menerapkan nilainilai disiplin dan keteladanan. Kedua, faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan ranah afektif dan psikomotorik pada implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Camplong adalah: (a) Faktor-faktor yang mendukung pengembangan ranah ranah afektif dan psikomotorik pada implementasi kurikulum 2013 di SMP Camplong 1 sebagai berikut: Siswa cenderung melakukan hal-hal dengan sikap positif; (2) Siswa memiliki minat yang tinggi dalam kegiatan pembelajaran; (3) Siswa memiliki kepercayaan diri tentang apa yang disetujui adalah hal positif bagi mereka yang memenuhi syarat. (b) Faktor-faktor yang menghambat pengembangan ranah afektif dan psikomotorik pada implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Camplong sebagai berikut; (1) Guru kurang terampil dalam kegiatan pembelajaran terpadu; (2) Kurangnya pelatihan dan peningkatan kurikulum pengembangan 2013 untuk guru. Kata Kunci: Pengembangan Ranah Afektif, Ranah Psikomotorik, dan Kurikulum 2013.