RADIUS PUTAR KENDARAAN DESAIN UNTUK PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN DI INDONESIA

Main Authors: Lawalata, Greece Maria, Rahman, Faisal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan , 2020
Online Access: http://jurnal.pusjatan.pu.go.id/index.php/jurnaljalanjembatan/article/view/933
http://jurnal.pusjatan.pu.go.id/index.php/jurnaljalanjembatan/article/view/933/645
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Merancang lebar jalur kendaraan harus mempertimbangkan jenis kendaraan yang melewatinya. Hal ini didapatkan dengan mengetahui dimensi kendaraan dan jarak sumbu roda kendaraan. Dari kedua data tersebut dapat diketahui jejak roda dan ukuran terluar badan kendaraan (sweeping path). Makalah ini dimaksudkan menentukan radius putar kendaraan desain untuk perancangan geometric jalan. Kendaraan desain yang dimaksud adalah kendaraan-kendaraan yang disebutkan dimensinya dalam berbagai peraturan dan kendaran yang dominan hasil penelitian Pusat Litbang Jalan dan Jembatan. Metode yang dilakukan adalah studi literature dari peraturan dan hasil penelitian Pusat Litbang Jalan dan Jembatan. Penentuan radius putar kendaraan dilakukan menggunakan aplikasi software Autoturn dengan asumsi: permukaan perkerasan datar, ban tidak mengalami slip, steering lock kendaraan sebesar 400, sudut kemudi 31,6o, manuver U-Turn sebesar 180o. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 17 kendaraan yang menjadi kendaraan desain yang dilengkapi dengan radius putar. Terdapat 2 kendaraan yang memiliki 2 kendaraan yang memiliki radius putar lebih dari 12 meter. Kata kunci: radius putar kendaraan, jejak kendaraan, kendaraan desain, dimensi kendaraan, tata cara geometrik jalan.  
  •   ABSTRACT Designing the width of the vehicle lane must consider the type of vehicle that passes through it. This is obtained by knowing the dimensions of the vehicle and the vehicle's wheelbase. From these two data we can find out the wheel tracks and the outer size of the vehicle body (sweeping path). This paper is intended to determine the turning radius of a design vehicle for the geometric design of the road. The design vehicles in question are the vehicles whose dimensions are mentioned in various regulations and vehicles which are the dominant results of research on the Road and Bridge Research and Development Center. The method used is a literature study of the rules and research results of the Road and Bridge Research and Development Center. Determination of the turning radius of the vehicle is done using the Autoturn software application with the assumption: flat pavement surface, the tire does not slip, the vehicle steering lock is 40o, the steering angle is 31.6o, the U-turn maneuver is 180o. The results showed that there were 17 vehicles that became design vehicles equipped with a turning radius. There are 2 vehicles that have 2 vehicles that have a turning radius of more than 12 meters. Keywords: vehicle turning radius, vehicle trail, vehicle design, vehicle dimensions, road geometric procedures.