PENGARUH PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KECEPATAN ARUS LALU LINTAS
Main Author: | Kusnandar, Erwin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.pusjatan.pu.go.id/index.php/jurnaljalanjembatan/article/view/250 http://jurnal.pusjatan.pu.go.id/index.php/jurnaljalanjembatan/article/view/250/158 |
Daftar Isi:
- Road transport system that has not been effective, resulting in some people prefer a type of mode for transport was motorcycle, the motorcycle is viewed as having advantages in terms of mobility, accesibilitas, and economically, so that the proportion of motorcycles on the road now reaches 6554. Changes in road transportation system due to the high number of users of motorcycles and behavior has. If not treated, trasnsportation system of roads and accidents will be worse. In this paper, we want to give the effect of the number of motorcycles on the road to the speed of vehicles that can be developed by the driver, and also model the relationship as one of alternative answers in determining the proportion of motorcycles on the streets. Relationship variables that are intended, obtained fiom traffic counting amount of each type of vehicle andits speed in each range of time-per-five-minutes, the data is grouped in intervals poroporsi number of motorcycles thatis, condition 1 : 1046 up to 3550, condition 2 : 3540 s/d 7546, and 3 conditions: a merger. Regression analysis method showed there was a positive and significant correlation coefficients with the indicator for the condition I of'0.67, the condition 2 of 0.59, and 0.66 for condition 3. It means that the number of motorcycle affect traffic flow velocity fluctuations. Keyword : in effective transportation, proportionof motorcycles, motorcycle behavior, speed, traffic Slows, Heterogenous traffic
- Sistem transportasi jalan yang belum efektif, akibatnya sebagian masyarakat lebih memilih jenis moda sepeda motor untuk bertransportasi, karena sepeda motor dipandang mempunyai keunggulan dalam hal mobilitas, aksesibilitas, dan ekonomis, sehingga proporsi jumlah sepeda motor di jalanan saatini mencapai 6546. Perubahan sistem transportasi jalan akibat tingginya jumlah pengguna sepeda motor dan perilakunya yang khas. Apabila tidak ditangani, sistem trasnsportasi jalan dan kecelakaan akan lebih buruk lagi. Tulisan ini menunjukan pengaruh jumlah sepeda motor di jalanan terhadap kecepatan kendaraan yang bisa dikembangkan oleh pengemudi, dan sekaligus model hubungan tersebut sebagai salah satu alternatif jawaban dalam menetapkan proporsi jumlah sepeda motor di jalanan. Hubungan variabel yang dimaksudkan, didapat dari pencacahah jumlah setiap jenis kendaraan dan kecepatannya dalam setiap kurun waktu per-lima-menitan, data tersebut dikelompokkan dalam interval poroporsi jumlah sepeda motor yaitu, kondisi 1 : 1046 s/d 3546, kondisi 2: 36Y0 s/d 7546, dan kondisi 3: gabungan antara 1096 sampai dengan 3546. Analisis dengan metoda regresi, menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan indikator koefisien korelasi untuk kondisi 1 sebesar 0,67, kondisi 2 sebesar 0,59, dan kondisi 3 sebesar 0,66. Itu artinya proporsi sepeda motor mempengaruhi fluktuasi kecepatan aruslalu lintas. Kata Kunci : transportasi belum efektif, proporsi sepeda motor, perilaku sepeda motor, kecepatan, arus lalu lintas, lalulintas heterogen