STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL

Main Author: Rahmi, Putri
Other Authors: Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh , 2018
Subjects:
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6808
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6808/4087
Daftar Isi:
  • Selama ini terjadi penyempitan makna kecerdasan dimana kecerdasan hanya diartikan pada kemampuan intelektual. Kenyataannya kata kecerdasan tidak hanya terbatas pada kemampuan intelual semata namun terdapat sembilan kecerdasan majemuk pada manusia yaitu kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan berirama-musik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Artikel ini membahas tentang kegiatan pembelajaran pada dengan berlandaskan kecerdasan interpersonal dengan memperhatikan tiga dimensi utama pada kecerdasan interpersonal, yaitu: social sensitivity social insight, dan social communication. Beberapa strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak, yaitu jigsaw, tutor sebaya, teamwork, patung orang, board game dan simulasi.