EFEKTIFITAS PERMAINAN PAPAN GANTUNG HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK VILLA BETA TABING PADANG

Main Author: -, Yanisa, Prima Aulia
Other Authors: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6367
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6367/3849
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk melihat keefektifan permainan papan gantung huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan pengamatan di Taman Kanak-kanak Villa Beta terhadap kemampuan membaca anak, terlihat kemampuan membaca pada anak kurang berkembang, masih ada sebagian anak yang belum memahami dan mengenal huruf vokal, huruf konsonan, bahkan belum mampu membedakan bentuk huruf yang hampir sama. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test-post-test. Untuk pengumpulan datanya menggunakan tes. Sedangkan untuk pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan papan huruf efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hasil rata-rata nilai pretest yaitu 12,58, sedangkan hasil nilai rata-rata posttest yaitu 22,33. Nilai effect size penelitian ini adalah sebesar 3,29 yang berarti permainan papan gantung huruf ini efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak.