LARAS BAHASA IKLAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Main Authors: | Pramesti, Adisti Putri, Martutik, Martutik |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Sastra Indonesia
, 2020
|
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/14733 http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/14733/5973 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk larasbahasa iklan, (2) pola laras bahasa iklan, dan (3) fungsi larasbahasa iklan pada media sosial instagram. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiangrounded theory. Data penelitian ini berupa wacana yangmendampingi gambar yang terdapat dalam instagram. Prosespengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknikdokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi prosesreduksi data yaitu identifikasi, pengodean, dan klasifikasi.Kemudian dilakukan penyajian data dalam bentuk teks naratif,penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data.Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagaiberikut. Pertama, bentuk laras bahasa iklan yang terdapat dalamiklan meliputi bentuk dasar, afiksasi, reduplikasi, pemajemukan,singkatan dan akronim, serta istilah khusus. Kedua, pola larasbahasa yang digunakan dalam iklan meliputi urutan kata danstruktur kalimat. Ketiga, fungsi laras bahasa yang terdapat dalamiklan meliputi fungsi ekspresif, fungsi direktif, fungsiinformasional, fungsi interaksional, dan fungsi puitik.Kata Kunci: laras bahasa, iklan, media sosialThis study aims to describe (1) the form of laras bahasaadvertising, (2) the pattern of laras bahasa advertising, and (3)the function of laras bahasa advertising on instagram. Thisstudy used a qualitative approach with grounded theory study.This research data in the form of discourse in the descriptioncontained in the instagram picture. The process of data collectionwas done by using the documentation. The data analysis wasconducted on data reduction process is the identification, coding,and classification. Then the data is presented in the form of narrative text, drawing conclusions, and checking the validity ofthe data. Based on the data analysis, the result of the study asfollows. First, the form of laras bahasa contained in the onlineshop include basic shapes, affixation, reduplication,compounding, abbreviations and acronyms, as well as specialnames. Second, the pattern of laras bahasa used in onlineshop advertising include word order and sentence structure.Third, the function of laras bahasa contained in the online shopadvertising include expressive function, the function of thedirective, the functions informasional, interaksional function, andthe function of the poetic.Key words: laras bahasa,advertising, instagram