PERSEPSI VISUAL LOGO KERETA REL LISTRIK (KRL) COMMUTER LINE JABODETABEK

Main Authors: Vidhiatama, Yudhistira, Nugroho, Agus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Trisakti , 2018
Online Access: http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/seni/article/view/3604
http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/seni/article/view/3604/3063
ctrlnum article-3604
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PERSEPSI VISUAL LOGO KERETA REL LISTRIK (KRL) COMMUTER LINE JABODETABEK</title><creator>Vidhiatama, Yudhistira</creator><creator>Nugroho, Agus</creator><description lang="en-US">AbstractThe Visual Perception of Commuter Line Jabodetabek&#x2019;s Logo. In a product or service, having a logo is an essential element. Logo is an element that can be used as communication advice with consumers as well as a strong trust of the consumer, so it is impossible if a company can live without the visual identity that represent it. Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek is a company that serves electric train-based services in transporting passengers from one district to another. A service company engaged under the auspices of PT Kereta Api Indonesia represents itself using a logo, which speaks the purpose and culture of the company. However, having a logo doesn&#x2019;t guarantee a product/service&#x2019;s full representation if there is no feedback from its uses. Therefore, this study aims to analyze the suitability of the logo meaning with the responses and perceptions of the users of the KRL Commuter Line Jabodetabektransport services. The method is qualitative descriptive, with data collecting using questionaire to designers and passangers of the KRL Commuter Line Jabodetabek.&#xA0;AbstrakPersepsi Visual Logo Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek. Dalam sebuah produk atau jasa, memiliki logo merupakan elemen penting. Logo merupakan elemen yang dapat dijadikan saran komunikasi dengan konsumen sekaligus sebagai pemberi kepercayaan yang kuat terhadap para konsumen, sehingga sangat mustahilapabila sebuah perusahaan dapat hidup tanpa adanya identitas visual yang mewakilinya. Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek merupakan perusahaan yang melayani jasa berbasis kereta listrik dalam mengangkut para penumpang dari satu distrik ke distrik yang lain. Perusahaan jasa yang bergerak di bawah naungan PT KeretaApi Indonesia mewakili dirinya menggunakan sebuah logo, yang menggambarkan tujuan dan budaya perusahaan tersebut. Namun, sebuah logo tidak sepenuhnya dapat merepresentasikan sebuah produk/jasa secara matang, jika tidak ada suara dari para pengguna produk/jasa tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untukmenganalisis kecocokan makna logo dengan tanggapan dan persepsi para pengguna jasa angkutan KRL Commuter Line. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada para praktisi dan penumpangKRL.</description><publisher lang="en-US">Universitas Trisakti</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-10-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/seni/article/view/3604</identifier><identifier>10.25105/jdd.v3i2.3604</identifier><source lang="en-US">Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain; Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain; 191-210</source><source>2549-7766</source><source>2502-7425</source><source>10.25105/jdd.v3i2</source><language>eng</language><relation>http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/seni/article/view/3604/3063</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-3604</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Vidhiatama, Yudhistira
Nugroho, Agus
title PERSEPSI VISUAL LOGO KERETA REL LISTRIK (KRL) COMMUTER LINE JABODETABEK
publisher Universitas Trisakti
publishDate 2018
url http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/seni/article/view/3604
http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/seni/article/view/3604/3063
contents AbstractThe Visual Perception of Commuter Line Jabodetabek’s Logo. In a product or service, having a logo is an essential element. Logo is an element that can be used as communication advice with consumers as well as a strong trust of the consumer, so it is impossible if a company can live without the visual identity that represent it. Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek is a company that serves electric train-based services in transporting passengers from one district to another. A service company engaged under the auspices of PT Kereta Api Indonesia represents itself using a logo, which speaks the purpose and culture of the company. However, having a logo doesn’t guarantee a product/service’s full representation if there is no feedback from its uses. Therefore, this study aims to analyze the suitability of the logo meaning with the responses and perceptions of the users of the KRL Commuter Line Jabodetabektransport services. The method is qualitative descriptive, with data collecting using questionaire to designers and passangers of the KRL Commuter Line Jabodetabek. AbstrakPersepsi Visual Logo Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek. Dalam sebuah produk atau jasa, memiliki logo merupakan elemen penting. Logo merupakan elemen yang dapat dijadikan saran komunikasi dengan konsumen sekaligus sebagai pemberi kepercayaan yang kuat terhadap para konsumen, sehingga sangat mustahilapabila sebuah perusahaan dapat hidup tanpa adanya identitas visual yang mewakilinya. Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek merupakan perusahaan yang melayani jasa berbasis kereta listrik dalam mengangkut para penumpang dari satu distrik ke distrik yang lain. Perusahaan jasa yang bergerak di bawah naungan PT KeretaApi Indonesia mewakili dirinya menggunakan sebuah logo, yang menggambarkan tujuan dan budaya perusahaan tersebut. Namun, sebuah logo tidak sepenuhnya dapat merepresentasikan sebuah produk/jasa secara matang, jika tidak ada suara dari para pengguna produk/jasa tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untukmenganalisis kecocokan makna logo dengan tanggapan dan persepsi para pengguna jasa angkutan KRL Commuter Line. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada para praktisi dan penumpangKRL.
id IOS4150.article-3604
institution Universitas Trisakti
institution_id 427
institution_type library:university
library
library Fakultas Seni Rupa dan Desain
library_id 914
collection Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
repository_id 4150
subject_area Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
Visual Communication
city JAKARTA BARAT
province DKI JAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4150
first_indexed 2019-05-07T02:35:08Z
last_indexed 2019-11-04T15:47:39Z
recordtype dc
_version_ 1686091057621630976
score 17.538404