PENGARUH ETNOSENTRISME, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK

Main Author: Fauzi, Firman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penerbitan Unversitas Esa Unggul , 2020
Online Access: https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Eko/article/view/3220
https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Eko/article/view/3220/pdf
https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Eko/article/downloadSuppFile/3220/140
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh etnosentrisme, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian batik. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di wilayah Jakarta Barat. Sampel yang dipergunakan adalah 150 responden, dihitung berdasarkan rumus Hair. Metode penarikan sampel responden yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melalui convenience Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dalam bentuk uji regresi linear berganda. Alat bantu analisis menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel etnosentrisme dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian batik. Sedangkan variabel citra merek berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian batik.