PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KEMAMPUAN INDIVIDUAL, DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI MEDIA SUMBER PUSTAKA (Studi Empiris di UNDIP dan UNIKA Soegijapranata Semarang)

Main Authors: -, Saifudin, Nindyowati, Santi Ayu, Damajanti, Anita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang , 2013
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jda/article/view/2560
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jda/article/view/2560/2613
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai model dasar penelitian dan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk melengkapi TAM. Data yang digunakan diambil dari 210 questionaire yang didistribusikan di fakultas ekonomi Universitas Diponegoro dan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS 19.0. Hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa kualitas informasi secara signifikan mempengaruhi ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai media sumber pustaka jika dilihat dari kegunaannya dan dan kemudahan dalam menggunakannya. Selanjutnya hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa kemampuan individu (computer self-efficacy and knowledge of search domain) berpengaruh secara signifikan pada ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan internet jika dilihat dari kemudahan dalam penggunaannya. Kemudian, norma subyektif mempengaruhi ketertarikan mahasiswa secara langsung walaupun kegunaan ataupun kemudahan dalam penggunaanny tidak diperhatikan. This study uses the Technology Acceptance Model (TAM) as a basic research model and the Theory of Planned Behavior (TPB) to complete the TAM. The data are derived from 210 questionnaires, distributed at the Economics Faculty of Diponegoro University and Soegijapranata Catholic University Semarang. The data analysis is processed by using the Structural Equation Model (SEM) with AMOS 19.0.The result of study states that the quality of information significantly affects the students’ interest in using the Internet as a media of literaturesource if it is viewed from its usefulness and ease of use. This study also shows that the individual ability (computer self-efficacy and knowledge of search domain) has a significant effect on the students’ interest in using the internet as a literature source, if it is viewed from its ease of use. Then, the subjective norms directly affects the students’ interest in using the Internet as a literature source even though its usefulness or ease of use is neglected.