PERBEDAAN PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA PRODI AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA

Main Authors: Nuraina, Elva, Kurniawati, Septi Hari
Other Authors: Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Accounting, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang , 2012
Subjects:
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jda/article/view/2169
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jda/article/view/2169/2262
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan persepsi akuntan pendidik san mahasiswa prodi akuntansi terhadap kode etik IAI. Analisis penelitian ini berdasarkan pada jawaban responden yang didapatkan dari questionaire. Questionaire tersebut telah disebarkan di kota Malang. Populasi penelitian ini adalah akuntan pendidik dan mahasiswa prodi akuntansi. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan alat analisis statistik yaitu independent t-test sampel dengan SPSS 17. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi antara mahasiswa prodi akuntansi dengan akuntan pendidik tehadap kode etik IAI. Untuk penelitian selanjutnya wilayah, subjek dan variabel penelitian diharapkan lebih akurat dan diperluas.This study aims to determine the differences between accounting educators’ and accounting students study program’s perceptions to the IAI Code. The analysis is based on the respondents’ answers which are obtained through questionnaires, distributed in the city of Madiun. The population of this study is accounting educators and college students of accounting in the city of Madiun. The hypothesis testing is done by using statistical analysis tool; it is the independent samples t-test w hich uses SPSS 17 (Statistical Packages for Social Science). The result of study indicates that there are differrent perceptions between accounting students and accounting educators in viewing the IAI code. For further research, it is expected that the area, subject, and variables of research should be more accurate and expanded.