KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP 177 JAKARTA SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | Noengsih, Anastasia; Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1714 http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1714/1214 |
Daftar Isi:
- Kemandirian belajar adalah kemampuan siswa dalam merencanakan dan memilih kegiatan belajar, berinisiatif dan memacu diri untuk belajar, bertanggungjawab, dan belajar dengan penuh percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa SMPN 177 Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala penilaian kemandirian belajar Ujicoba terpakai dilakukan untuk mengetahui reliabilitas instrumen dan validitas pernyataan menggunakan rumus persentase. Diketahui reliabilitas instrumen sebesar 0.968 dan pernyataan valid sebanyak 52 pernyataan dan pernyataan tidak valid sebanyak 12 pernyataan. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 177 yang berjumlah 34. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa SMPN 177 memiliki tingkat kemandirian belajar pada klasifikasi tinggi siswa (47%). Berdasarkan hasil analisis rata-rata skor komponen, diketahui bahwa komponen yang paling dominan adalah komponen bertanggung jawab. Peneliti memberikan saran kepada guru BK SMP 177 Jakarta Selatan agar mengadakan konseling individual agar siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam merencanakan kegiatan belajar yang tepat bagi dirinya.