KAJI EKSPERIMENTAL PERUBAHAN AIR FUEL RATIO TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR OTTO HONDA L15A7

Main Authors: Hartanto, Hengky Wiratama; Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jauhari, Christian; Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Iskandar, Isdaryanto; Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Cylinder: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin , 2020
Subjects:
ECM
Online Access: http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/cylinder/article/view/1656
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/cylinder/article/view/1656/1193
Daftar Isi:
  • Untuk mendapatkan daya dan torsi maksimum dapat dilakukan dengan melakukan pengaturan Air Fuel Ratio (AFR) menjadi campuran bahan bakar kaya. Pengaturan dilakukan dengan cara mengubah variabel AFR dengan bantuan piggyback yang diletakkan di depan ECM standar untuk mema-nipulasi sinyal yang dikirim ke aktuator. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mobil Honda jazz GE8 berkode mesin L15A7 di atas mesin dinamometer. Pengaturan Air Fuel Ratio dilakukan dengan variabel 14,7:1, 13,965:1, 13,23:1, 12,495:1,dan 12,201:1. Dari hasil pengujian didapatkan daya dan torsi maksimum pada pengaturan variabel AFR 12,495:1, kenaikan daya sebesar 10,07% dan kenaikan torsi sebesar 8,24% diband-ingkan dengan variabel AFR 14,7:1.