Daftar Isi:
  • Faktor-faktor kepercayaan diri adalah faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor kepercayaan diri dua siswa Kelas VII SMP Katolik Ricci II Bintaro dan memberikan rekomendasi penanganan konseling individual bagi kedua siswa.Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa faktor penyebab hambatan kepercayaan diri DT dan RT didominasi oleh faktor internal. Faktor internal yang paling dominan pada DT adalah pengalaman hidup. Faktor penyebab hambatan kepercayaan diri RT adalah faktor internal yang terkait dengan kondisi fisik. Rekomendasi penanganan kepada DT dan RT berupa konseling individual dengan pendekatan REBT. Rekomendasi konseling individual bagi DT bertujuan agar DT mampu menerima pengalaman kurang menyenangkan masa lalu dan meningkatkan kompetensi diri di berbagai bidang. Sedangkan tujuan konseling bagi RT diarahkan pada keberanian untuk mencoba berelasi dengan orang lain dengan mengatasi penilaian negatif terhadap diri menjadi lebih positif. Saran kepada Guru BK agar melaksanakan konseling individual kepada DT dan RT berdasarkan rekomendasi yang diberikan peneliti. Guru Wali Kelas hendaknya memberikan kesempatan bagi DT dan RT untuk terlibat dalam kegiatan organisasi sekolah.