KONDISI MOTIVASI BELAJAR RENDAH DUA SISWA KELAS XI SMA MARIE JOSEPH KELAPA GADING TAHUN AJARAN 2018 / 2019

Main Authors: Octavia, Maria; SD Regina Pacis Bogor, Wati, Caroline Lisa Setia; Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya , 2020
Subjects:
Online Access: http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1649
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1649/1187
Daftar Isi:
  • Motivasi belajar menjadi aspek yang penting dari proses pembelajaran. Motivasi belajar berdampak pada semangat siswa untuk melaksanakan dan bertanggung jawab atas tugas-tugas belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar akan (1) memiliki semangat dalam melaksanakan tugas-tugas belajar, (2) memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas belajar, (3) merasa senang ketika mengerjakan tugas dari guru, (4) memberikan respon terhadap stimulus yang diberikan guru, (5) memiliki minat dan perhatian terhadap pelajaran. Sementara siswa yang memiliki motivasi belajar rendah akan menunjukkan hal yang sebaliknya.Subjek penelitian adalah dua siswa kelas XI SMA Marie Joseph. Instrumen yang digunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek memiliki motivasi belajar yang berbeda. Subjek FJ cenderung lebih bersikap tidak peduli ketika mendapat tugas dari guru. FJ nampak tidak memiliki minat dan perhatian terhadap pelajaran. Berbeda dengan subjek BS, BS lebih bisa memberikan respon terhadap tugas yang diberikan oleh guru meskipun terkadang masih malas dan perlu diingatkan berkali-kali. Guru BK diharapkan memberikan penanganan khusus kepada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.