PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA STRATEGI WDEP PADA KASUS DISIPLIN DIRI RENDAH EMPAT SISWA KELAS VIII DI SMP ‘X’
Main Author: | Emiliana, Odiliya; TK St. Agnes Tanah Merah, Papua |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1614 http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1614/1155 |
Daftar Isi:
- Pelanggaran disiplin dalam lingkungan sekolah diartikan sebagai perilaku melanggar norma atau aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Tujuan PTBK ini untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok pendekatan realita strategi WDEP pada kasus disiplin diri rendah. Subjek penelitian sebanyak empat siswa kelas VIII di SMP ‘X’ yaitu IC, RP, MI, dan FJ. Setelah mendapatkan layanan konseling kelompok, para subjek mengalami perubahan perilaku berupa penurunan jumlah pelanggaran yang dilakukan mereka. Layanan konseling kelompok pendekatan realitas dengan teknik WDEP telah menumbuhkan tanggung jawab mereka dan dapat bertindak sesuai norma atau aturan yang berlaku di sekolah. Saran kepada guru Bimbingan dan Konseling agar melakukan lebih banyak layanan konseling kelompok, khususnya strategi WDEP, dan melakukan PTBK untuk menangani kasus-kasus yang serupa.