Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Adlerian Sebagai Upaya Meningkatkan Motif Belajar Siswa Kelas III Sd Hati Suci Jakarta
Main Author: | Susiaty, Lidwina Hesty; Guru BK SD Hati Suci Jakarta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
, 2020
|
Online Access: |
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1528 http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1528/1087 |
Daftar Isi:
- Motif belajar adalah dorongan seseorang untuk melakukan suatu usaha dalam upaya menggali pengetahuan dan ilmu pengetahuan mencapai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian pada siswa kelas III SD Hati Suci Jakarta adalah untuk meningkatkan motif belajar siswa kelas III SD Hati Suci Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yaitu salah satu starategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Model penelitian tindakan yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang terdiri dari proses, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif belajar siswa kelas III dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian