TANGGAPAN MAHASISWA MENGENAI TAYANGAN SEPAK BOLA LIGA DJARUM INDONESIA 2006 DI TV7 DAN ANTV ( Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Audio Visual Angkatan 2004 Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | Rakhman, Arief |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/9731/1/TANGGAPAN_MAHASISWA_MENGENAI_TAYANGAN_SEPAKBOLA_LIGA_DJARUM_INDONESIA_2006_DI_TV7_DAN_ANTV.pdf http://eprints.umm.ac.id/9731/ |
Daftar Isi:
- Pesatnya perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan pada masyarakat, tertutama dalam bidang komunikasi yang berkaitan dengan media massa. Diantara media komunikasi massa tersebut, televisi menjelma menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat. Melalui televisi, masyarakat mendapatkan berbagai ragam hiburan dan informasi secara praktis. Namun dalam perkembangannya, televisi telah menjelma menjadi sebuah industri yang hidup berdasarkan mekanisme pasar, dimana pada saat ini mekanisme pasar menghendaki agar tayangan televisi banyak bersifat hiburan. Salah satu tayangan yang bersifat hiburan adalah tayangan sepakbola Liga Djarum Indonesia 2006 yang ditayangkan oleh TV7 dan ANTV. Tayangan ini menampilkan pertandingan sepakbola Liga Indonesia yang ditayangkan secara langsung. Walaupun format yang digunakan mengadaptasi tayangan luar negeri, namun mengingat sumber daya manusia, peralatan, serta pengalaman, tentulah masih terdapat hal-hal yang perlu dibenahi. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan maksud mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa mengenai tayangan sepakbola LIga Djarum Indonesia 2006 di TV7 dan ANTV. Sebagai teori acuan, digunakan teori uses and gratification yang menyatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Pengguna media, yaitu penonton, secara aktif memilih, memakai, menafsir, serta melakukan decoding materi tayangan yang dikonsumsinya. Hal ini akan mempengaruhi sikap, tindakan, dan tanggapan yang akan diberikan penonton terhadap suatu tayangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan perspektif emic. Dalam penelitian yang menjadi unit analisis adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Audio Visual Universitas Muhammadiyah Malang sebanyak 112 orang. Sedangkan dalam menentukan sumber informasi digunakan tehnik purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 23 orang yang memenuhi kriteria dan layak untuk dijadikan sumber informasi. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner dengan jenis kombinasi tertutup dan terbuka, sebagai sumber data utama dan dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Selanjutnya hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis domain. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tayangan Liga Djarum Indonesia 2006 di TV7 dan ANTV secara variatif oleh informan disebabkan adanya perbedaan pola pikir, pengetahuan, kepentingan, serta pengalaman yang dimiliki oleh setiap individu. Temuan ini menggambarkan bahwa mahasiswa sebagai penonton merupakan individu yang secara aktif menafsirkan materi tayangan yang dikonsumsinya, dan disesuaikan dengan pemuasan kebutuhan dalam dirinya. Halini sejalan dengan teori Uses and Gratification, yang menyebutkan bahwa pengguna media dianggap aktif mencari tayangan yang paling baik dan menggunakan media tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam penelitian ini, mahasiswa yang menjadi informan memandang tayangan sepakbola Liga Djarum Indonesia 2006 di TV7 dan ANTV sebagai sebuah tayangan audio visual, dan menggunakan pengetahuan serta pola pikirnya sebagai saringan dalam menerima berbagai informasi yang didapat. Kemampuan untuk memenuhi pemuasan dua kebutuhan sekaligus yang dimiliki oleh tayangan Liga Djarum Indonesia 2006 di TV7 dan ANTV membuat tayangan ini direkomendasikan untuk mendapatkan perhatian lebih dari penonton. Selain itu kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Audio Visual disarankan untuk mampu melihat sebuah tayangan tidak hanya sebagai media pemuas kebutuhan hiburan, namun juga sebagai sebuah hasil produk audio visual sesuai dengan pengetahuan disiplin ilmu yang dipelajarinya.