PENCITRAAN PEMERINTAH DAERAH MELALUI SITUS INTERNET (Analisis Isi Pada www.pemkot­malang.go.id)

Main Author: NUR NENY SAPUTRI, INIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/9487/1/PENCITRAAN_PEMERINTAH_DAERAHMELALUI_SITUS_INTERNET.pdf
http://eprints.umm.ac.id/9487/
Daftar Isi:
  • Seiring dengan dikeluarkannya Undang­Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Daerah memiliki kewenangan dalam mengatur rumah tangga daerahnya sendiri, maka Pemerintah Daerah harus bisa mengatur pemerintahannya dengan baik dan semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk memajukan dan mempublikasikan daerahnya adalah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yakni media internet. Pemerintah Kota Malang yang sejak awal ingin mencitrakan kota Malang sebagai Kota Pendidikan, Kota Industri, Kota Pariwisata yang dikenal dengan Tri Bina Cita Kota Malang seakan berlomba­lomba untuk mewujudkannya, hal ini kian dipertegas dengan adanya situs resmi Pemerintah Kota Malang yang dapat diakses melalui www.pemkot­ malang.go.id. Isi dari situs internet Pemerintah Kota Malang pun beragam, akan tetapi peneliti tertarik untuk melihat kecenderungan isi situs Pemerintah Kota Malang sesuai dengan apa yang ingin dicitrakan yakni sebagai kota Pendidikan, kota Industri, dan kota Pariwisata. Dalam usaha pembentukan citra tersebut, Kota Malang terus berupaya untuk mewujudkan cita­ citanya sebagai Kota Pendidikan, Kota Industri, dan Kota Pariwisata, yang mana dalam pengertiannya pencitraan adalah kesan yang ingin diciptakan seseorang atau instansi agar bernilai positif. Dalam hal ini media yang digunakan dalam pencitraanya adalah situs internet. E­ Public Relations adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relations management juga dapat dilakukan di Internet. Tipe penelitian ini adalah bersifat deskriptif kuantitatif dengan dasar analisis isi. Alasan peneliti menggunakan analisis isi adalah untuk mengukur kecenderungan isi yang terdapat pada situs Pemerintah Kota Malang. Oleh karena itu, kuantifikasi menjadi penting dalam upaya memperoleh objektifitas dangan menjelaskannya secara tepat. Analisis isi berupaya menganalisis informasi yang tersaji. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah keseluruhan judul berita yang ada pada situs Pemerintah Kota Malang terhitung sejak tanggal 13­19 Agustus 2007. Unit analisis dalam penelitian ini adalah setiap berita. Dari hasil analisis terhadap kecenderungan isi situs internet Pemerintah Kota Malang sesuai dengan kategori yang ditentukan, dari 3 tema pencitraan Pemerintah Kota Malang yakni Pendidikan, Industri, dan Pariwisata, maka diperoleh hasil kecenderungan tertinggi yaitu berita yang bertemakan tentang industri, yaitu dengan frekuensi sebanyak 24 berita dengan prosentase 19,8 %, berikutnya adalah tema tentang pendidikan dengan prosentase 10,7 % atau 13 berita, dan untuk tema pariwisata sebanyak 4 berita dengan prosentase 3,3 %. Akan tetapi di luar tema­tema tersebut kecenderungan isi yang terdapat pada situs Pemerintah Kota Malang lebih banyak mengenai tema­tema lain yakni sebesar 80 berita atau 66,1 %, dari tema­tema lain yang paling sering muncul adalah berita yang bertemakan tentang Pemerintahan yakni sebanyak 42 beritadengan prosentase sebesar 52,5 %. Sedangkan tema mengenai sosial/kemasyarakatan menempati urutan kedua dengan frekuensi 34 berita atau sebesar 42,5 %, urutan ketiga adalah berita yang bertemakan tentang olah raga sebesar 4 berita atau sekitar 5 %. Dari keseluruhan hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa isi dari situs tersebut tidak memprioritaskan pada ke Tri Bina Cita Malang, akan tetapi lebih banyak berisi tentang Pemerintahan kota Malang itu sendiri.