KORELASI PRESTASI HASIL BELAJAR (NILAI) AQIDAH AKHLAQ TERHADAP PERILAKU SISWA DI MTs. PERSIAPAN NEGERI BATU

Main Author: MAISARAH, CUCUK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/8795/1/KORELASI_PRESTASI_HASIL_BELAJAR.pdf
http://eprints.umm.ac.id/8795/
Daftar Isi:
  • Agama mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebab agama merupakan motivasi hidup dan kehidupan serta merupakan alat pengembangan dan pengendalian diri. Oleh karena itu agama perlu diketahui, dipahami dan diamalkan oleh manusia Indonesia agar dapat menjadi dasar kepribadian sehingga dapat menjadi manusia yang utuh. Agama juga mengatur hubungan manusia, hubungan manusia dengan manusia yang meliputi keselarasan, keseimbangan dan keserasian dalam kehidupan, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat dalam mencapai kemajuan lahiriah, dan kebahagiaan rohaniah. Oleh karena agama juga sebagai dasar tata nilai dan merupakan penentu dalam perkembangan dan pembinaan rasa kemanusiaan maka pemahaman dan pengalamannya dengan tepat dan benar diperlukan untuk menciptakan kesatuan bangsa Melihat fenomena diatas penulis tertarik untuk meneliti masalah terkait dengan korelasi prestasi hasil belajar (nilai) aqidah akhlak terhadap perilaku siswa dengan obyek penelitian di MTs Persiapan Negeri batu, berdasarkan hal tersebut, maka penulis merumuskan beberapa masalah: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan aqidah akhlak di Mts Persiapan Negeri Batu. 2. Bagaimana prestasi atau nilai pendidikan aqidah akhlak di Mts Persiapan Negeri Batu. 3. Bagaimana pengaruh pendidikan aqidah akhlak terhadap perilaku siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data interview (wawancara), observasi, angket, dan dokumentasi, dengan menekankan analisisnya pada datadata numerikal (angka) Dari penelitian ini diperoleh hasil perhitungan di atas menunjukkan bahwa koefisien korelasinya = 0,815, nilai r dan N = 36 signifikan 1% = 0,424. Jadi dengan demikian r = 0,815 > 0,424, maka hipotesis kerja yang penulis ajukan, yang berbunyi ” Semakin baik pelaksanaan pendidikan Aqidah akhlak di MTs persiapan Negeri Batu semakin mampu membuktikan bahwa sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa” diterima. Sementara itu hipotesis nihil yang mengatakan ” Sebaik apapun pelaksanaan pendidikan Aqidah akhlak di MTs persiapan Negeri Batu, tidak akan berpengaruh terhadap perilaku siswa” ditolak.