PENERAPAN TEKNIK PROBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I JATIROGO

Main Author: Kurniawati, Khalim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/8501/1/PENERAPAN_TEKNIK_PROBING_PADA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_UNTUK_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_SISWA_KELAS_VIII_SMP_NEGERI_I_JATIROGO.pdf
http://eprints.umm.ac.id/8501/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing, (2) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan teknik probing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan teknik probing pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu dengan adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B adalah sebagai kelas kontrol. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data-data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil pre-tes dan pos-tes dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada kelas eksperimen, dan hasil angket respon siswa pada kelas eksperimen. Teknik analisis datanya menggunakan uji kolmogorov-smirnov, anova, uji-t dan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Penerapan teknik probing pada pembelajaran matematika dari hasil pengamatan aktivitas guru sebesar 76,67% dalam kategori baik sedangkan prosentase aktivitas siswa sebesar 66,35% dalam kategori cukup baik (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan teknik probing lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional (3) Terdapat 78,66% siswa memberikan respon poisitif pada pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing.