ANALISIS PERBEDAAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK PERAWATAN WAJAH SARI AYU DAN PONDS (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG)

Main Author: Yuana, Ita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/7989/1/z.pdf
http://eprints.umm.ac.id/7989/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul “Analisis Perbedaan Loyalitas Pelanggan Produk Perawatan Wajah Sariayu dan Ponds” merupakan jenis penelitian deskriptif, yang dilakukan pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan loyalitas pelanggan produk perawatan wajah Sariayu dan Ponds, dan untuk mengetahui variabel yang dominan membedakan loyalitas pelanggan produk perawatan wajah Sariayu dan Ponds Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang menggunakan produk perawatan wajah Sariayu dan atau Ponds. Pada hipotesa pertama dinyatakan terdapat perbedaan loyalitas pelanggan produk perawatan wajah Sariayu dan Ponds, dan hipotesa kedua dinyatakan variabel yang dominan membedakan loyalitas pelanggan produk perawatan wajah Sariayu dan Ponds adalah consumer value. Dengan menggunakan metode analisa diskriminan, diperoleh persamaan diskriminan sebagai berikut : D = - 3,308 + 0,137 X1 - 0,113 X2 + 0,283 X3 +0,143 X4 +0,4980 X5 +0,323 X6 Persamaan tersebut mendeskripsikan letak variabel consumer value, consumer characteristic, customer satisfaction, switching barrier, loyalty behavioral dan referral pada perbedaan loyalitas pelanggan Sariayu dan Ponds. Nilai positif dalam persamaan mengandung makna perubahan rata-rata perbedaan loyalitas bertambah. Sedangkan nilai negatif mengandung makna perubahan rata-rata perbedaan loyalitas berkurang. Hasil akhir dari pelaksanaan penelitian ini adalah nilai rata-rata variabel consumer value, consumer characteristic, customer satisfaction, switching barrier, loyalty behavioral dan referral dua kelompok; Sariayu dan Ponds secara bersama-sama berbeda. Perbedaan rata-rata variabel diskriminan tersebut dapat dilihat dari p-value (Sig), dimana p-value (Sig ) 0,000 < 0,05 level of significant yang digunakan. Hasil kedua adalah berdasar pada hasil nilai function coefficient, dapat disimpulkan bahwa variabel yang dominan membedakan loyalitas pelanggan produk perawatan wajah Sariayu dan Ponds adalah variabel loyalty behavioral dengan function coefficient sebesar 0,562. Dan variabel yang lemah membedakan loyalitas pelanggan Sariayu dan Ponds adalah consumer characteristic dengan nilai function coefficient sebesar -0,161.