PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR ORGANISASI PADA POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Main Author: Zumrotus Sa’adah, Lilis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/7888/1/PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_NHT.pdf
http://eprints.umm.ac.id/7888/
ctrlnum 7888
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/7888/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR ORGANISASI PADA POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG</title><creator>Zumrotus Sa&#x2019;adah, Lilis</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Sistem pembelajaran yang selama ini diterapkan kebanyakan berfokus pada peran guru. Peran siswa dalam pembelajaran setiap pembelajaran hanya sebagai pendengar yang pasif dan siswa masih sulit untuk memahami konsep-konsep yang terkait dalam bentuk aljabar. Dengan adanya masalah tersebut mendorong pihak-pihak terkait mengadakan perubahan agar model-model pembelajaran yang diterapkan disekolah-sekolah lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang telah dikembangkan dan diyakini dapat meningkatkan kinerja siswa adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif adalah tipe NHT (Numbered Heads &#xD; Together) tipe ini menantang untuk memberi waktu siswa berfikir lebih banyak, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Karena pembelajaran dilakukan dengan berkelompok dan strategi belajar organisasi disini digunakan untuk siswa agar bisa membuat sebuah kerangka garis besar / ide pokok dari ide utama (outlining) dan siswa bisa menghubungkan ide-ide oulining dari suatu materi agar siswa mudah mengingat materi tersebut. Dalam pembelajaran &#xD; guru bisa mencoba strategi ini untuk memahami suatu konsep-konsep dari suatu materi. &#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dan siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa. Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) menggunakan strategi belajar organisasi pada pokok bahasan aljabar kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian yang &#xD; dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa menggunakan statistik dan jenis penelitiannya bersifat diskriptif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes akhir. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan guru selam proses &#xD; pembelajaran, keterampilan kooperatif siswa dan hasil tes siswa. &#xD; Dari penelitian ini diperoleh data aktivitas guru selama pembelajaran dikategorikan sangat baik, karena sesuai dengan kriteria aktivitas guru. Sedangkan data aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikategorikan baik. Aktivitas siswa terlihat meningkat pada pertemuan III. Dari tes hasil akahir ketuntasan individu dicapai oleh 22 orang siswa dari 31 siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) menggunakan strategi belajar &#xD; organisasi dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.</description><date>2008</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/7888/1/PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_NHT.pdf</identifier><identifier> Zumrotus Sa&#x2019;adah, Lilis (2008) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR ORGANISASI PADA POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>7888</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zumrotus Sa’adah, Lilis
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR ORGANISASI PADA POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG
publishDate 2008
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/7888/1/PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_NHT.pdf
http://eprints.umm.ac.id/7888/
contents Sistem pembelajaran yang selama ini diterapkan kebanyakan berfokus pada peran guru. Peran siswa dalam pembelajaran setiap pembelajaran hanya sebagai pendengar yang pasif dan siswa masih sulit untuk memahami konsep-konsep yang terkait dalam bentuk aljabar. Dengan adanya masalah tersebut mendorong pihak-pihak terkait mengadakan perubahan agar model-model pembelajaran yang diterapkan disekolah-sekolah lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang telah dikembangkan dan diyakini dapat meningkatkan kinerja siswa adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif adalah tipe NHT (Numbered Heads Together) tipe ini menantang untuk memberi waktu siswa berfikir lebih banyak, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Karena pembelajaran dilakukan dengan berkelompok dan strategi belajar organisasi disini digunakan untuk siswa agar bisa membuat sebuah kerangka garis besar / ide pokok dari ide utama (outlining) dan siswa bisa menghubungkan ide-ide oulining dari suatu materi agar siswa mudah mengingat materi tersebut. Dalam pembelajaran guru bisa mencoba strategi ini untuk memahami suatu konsep-konsep dari suatu materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dan siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa. Dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) menggunakan strategi belajar organisasi pada pokok bahasan aljabar kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian yang dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa menggunakan statistik dan jenis penelitiannya bersifat diskriptif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes akhir. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan guru selam proses pembelajaran, keterampilan kooperatif siswa dan hasil tes siswa. Dari penelitian ini diperoleh data aktivitas guru selama pembelajaran dikategorikan sangat baik, karena sesuai dengan kriteria aktivitas guru. Sedangkan data aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikategorikan baik. Aktivitas siswa terlihat meningkat pada pertemuan III. Dari tes hasil akahir ketuntasan individu dicapai oleh 22 orang siswa dari 31 siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) menggunakan strategi belajar organisasi dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
id IOS4109.7888
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:40:56Z
last_indexed 2017-03-21T02:40:56Z
recordtype dc
_version_ 1675924134843908096
score 17.538404