PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESOURCE BASE LEARNING DI SMP PGRI- 01 DAU MALANG
Main Author: | SYAFRUDDIN, SYAFRUDDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/7639/1/PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN_RESOURCE_BASE_LEARNING_DI_SMP_PGRI.pdf http://eprints.umm.ac.id/7639/ |
Daftar Isi:
- Penelitian berjudul ” Penerapan Metode Pembelajaran Resource Base Learning di SMP PGRI 01- Dau Malang” ini bertujuan untuk mengetahui: 1) , Mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan metode pembelajaran Pembelajaran Resource Base Learning, 2) Mengetahui kemampuan pemahamam materi matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Pembelajaran Resource Base Learning , 3) Mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran Pembelajaran Resource Base Learning. Materi yang dibahas adalah materi himpunan dengan sub pokok bahasan pengertian himpunan,ciri-ciri himpunan dan anggota suatu himpunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, yaitu menguraikan proses kegiatan pembelajaran pertidaksamaan dengan menggunakan metode pembelajaran Resource Base Learning di SMP PGRI 01- Dau Malang ini, bertujuan untuk mengetahui: 1) , Mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan metode pembelajaran Pembelajaran Resource Base Learning, 2) Mengetahui kemampuan pemahamam materi matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Pembelajaran Resource Base Learning , 3) Mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran Pembelajaran Resource Base Learning. Materi yang dibahas adalah materi himpunan dengan sub pokok bahasan pengertian himpunan,ciri-ciri himpunan dan anggota suatu himpunan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa setiap pertemuan dari pertemuan pertama, kedua, dan ketiga adalah 98,1%. Persentase aktivitas siswa jika dilihat dari setiap langkah Pembelajaran Resource Base Learning, pada langkah merumuskan masalah, melakukan percobaan, melakukan kesalahan serta menemukan penyelesaian dikategorikan baik sedang pada langkah merencanakan pemecahan dikategorikan cukup hanya langkah berfikir untuk mengatasi yang masuk kategori sangat baik. Hasil tes yang dilakukan menunjukan secara individu diperoleh siswa yang tuntas belajarnya sebesar 73% dan yang tidak tuntas sebesar 22,8%, sedangkan secara klasikal besarnya persentase ketercapaian sebesar 68,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Resource Base Learning, pada materi himpunan di kelas VII-2 SMP PGRI 01 DAU Malang, karena sudah mencapai kriteria efektifitas. Angket respon siswa menunjukan bahwa lebih dari 83,47% siswa menyatakan setuju, sehingga dapat dikatakan respon siswa adalah positif (efektif).