PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KERUPUK TAPIOKA UD. MEKAR DI KABUPATEN KARANGANYAR

Main Author: Purnomo, Dani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/6881/1/PENERAPAN_STRATEGI_PEMASARAN_PADA_PERUSAHAAN_KERUPUK_TAPIOKA_UD.pdf
http://eprints.umm.ac.id/6881/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan kerupuk tapioka UD. MEKAR dengan judul “ PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KERUPUK TAPIOKA UD. MEKAR DI KABUPATEN KARANGANYAR”. Maksud penelitian ini adalah untuk menentukan kebijakan-kebijakan strategis yang diterapkan dalam bentuk program kerja di perusahaan UD. MEKAR, sehingga bisa mengelola perusahaan menjadi lebih menguntungkan dalam perolehan laba. Dalam penelitian ini, penulis mengambil langkah awal dengan menganalisa kondisi internal dan eksternal dari UD. MEKAR dalam lingkungan industri kerupuk di Kabupaten Karanganyar. Alat analisa yang digunakan adalah metode SWOT dengan bantuan matriks IFAS untuk menganalisa data kondisi internal perusahaan dan matriks EFAS untuk menganalisa data kondisi eksternal perusahaan. Tolok ukur pengaruh kondisi internal dan eksternal bagi kinerja UD. MEKAR yaitu dari nilai tertimbang yang dihasilkan dari masing-masing matriks. Nilai tertimbang matriks IFAS adalah 2,60 dan matriks EFAS yaitu 2,65, artinya tingkat antisipatif UD.MEKAR terhadap kedua kondisi ini adalah di atas rata-rata. Beragam kondisi internal dan eksternal kemudian dikaji lalu ditentukan faktor yagn bisa menjadi peluang, ancaman, kekuatan serta kelemahan dari UD.MEKAR. Faktor-faktor tertentu tadi lalu dimasukkan kedalam matriks SWOT untuk diolah menjadi strategi-strategi yang layak diterapkan oleh UD.MEKAR. Hasilnya adalah bahwa UD.MEKAR harus melaksanakan kebijakan strategis sebagai pemimpin pasar berupa penambahan jalur penjualan, mempertahankan diferensiasi produk, menerapkan kualitas kontrol yang lebih ketat pada produk dan memulai untuk mengikuti pameran-pameran produk UKM.