EFEKTIFITAS COMPANY PROFILE DALAM MEMBANGUN CITRA UNIVERSITY INN UMM ( Study pada Pelanggan University Inn UMM di Malang ).
Main Author: | Asmara, Bunga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/6532/1/EFEKTIFITAS_COMPANY_PROFILE_DALAM_MEMBANGUN_CITRA_UNIVERSITY_INN_UMM.pdf http://eprints.umm.ac.id/6532/ |
Daftar Isi:
- Keywords: efektifitas Company Profile, Membangun Citra Citra perusahaan adalah gagasan/ persepsi mental dari khalayak tertentu atas suatu perusahaan atau organisasi, yang didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman khalayak itu sendiri. Citra positif perusahaan menjadi penting kaena akan mempengaruhi keputusan untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. University Inn UMM sebagai perusahaan baru memerlukan media untuk membangun citra perusahaan. Salah satu media yang digunakan adalah Company Profile, akan tetapi media ini sementara hanya digunakan sebagai media internal yang penggunaannyadisesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran di lapangan tentang efektifitas media ini dalam membangun citra perusahaan sebagai hotel pendidikan yang bernuansa keIslaman. Hasil penelitian dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk menggunakan media sejenis di masa yang akan datang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Malang, dengan 78 sampel. Sampel adalah pelangggan University Inn UMM. Angket sebagai instrumen penelitian diolah menjadi tabel distribusi dan prosentase. Angket diberikan 2 kali. Pertama sebelum sampel diberi perlakuan dengan media Company Profile, kedua setelah sampel mendapat terpaan media company profile selama 3 hari. Teori yang digunakan adalah metode Circle PR Programming and Communication sebagai landasan latar belakang penelitian dan model komunikasi dalam publik relations sebagai teori yang mendukung pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa company profile cukup efektif dalam membangun citra. Hal ini ditu njukan dengan adanya perubahan kesan/persepsi pada sampel setelah mendapat perlakuan. Citra yang ingin dibangun melalui media ini dinlai berhasil menilik tingkat penerimaan company profile yang cukup tinggi yakni 2,47 dengan 3 titik kontinum. Prosentase penerimaan company profile adalah 82,3 %. University Inn UMM sebagai hotel baru di kota Malang seyogyanya melakukan pengenalan perusahaan kepada publik secara terus menerus hal ini dikarenakan banyak sampel yang mengalami bias antara University Inn UMM dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Selain itu program-program PR yang terencana juga harus terus menerus dilakukan guna meningkatkan citra hotel sebagai hotel pendidikan yang bernuansa keIslaman. Media company profile dapat menjadi alternatif yang baik dalam memperkenalkan hotel.