UPAYA DINAS PARIWISATA BALI MEMULIHKAN PARIWISATA SETELAH TERJADI BOM BALI (Studi Masalah Pariwisata di Dinas Pariwisata Prop Bali)

Main Author: HADHARI, SAHID
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/6512/1/UPAYA_DINAS_PARIWISATA_BALI_MEMULIHKAN_PARIWISATA_SETELAH_TERJADI_BOM_BALI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/6512/
Daftar Isi:
  • Pariwisata merupakan salah satu sector andalan Indonesia, dan salah satu sector pariwisata yang tekenal di Indonesia adalah Pulau Bali. Pulau Bali sudah banyak dikenal dikalangan wisatawan, baik wisatawan nusantara/domestic maupun wisatawan aisng. Bali layak dijadikan salah satu tujuan utama pariwisata internasional sebab Bali telah lama termasyur di dunia dengan keindahan alamnya yang mempesona, budayanya yang indah, unik dan eksotis serta keamanan masyarakatnya yang ramah dan cinta damai, yang sulit dijumpai di tempat lain. Itulah sebabnya mengapa banyak wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali. Berangkat dari uraian tersebut peneliti ingin mmengetahui lebih jauh bagaimana upaya Dinas Pariwisata Provinsi Bali setelah terjadinya tragedy Bom Bali. Secara lebih eksplisit peneliti ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang telah ditempuh Oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam memulihkan pariwisata Bali. Jenis dan tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan subyek penelitian. Subyeknya adalah : Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Kepala Bagian Tata Usaha, Seksi Promosi Pariwisata, Sub Bidang Obyek dan Daya Tarik Pariwisat, Jabatan Fungsional Bagian Pranata Humas dan Pemandu Pariwisata. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan observasi Ditetapkannya Keputusan Gubernur Bali Nomor 470 A/03-E/HK/2005 telah dibentuk Timkordinasi Pemulihan Pariwisata Bali yang menpunyai Program kerja antara lain: 1.Menyiapkan program untuk mas pemulihan, normalisasi maupun program ekspansi 2.Pada masa pemulihan telah disiapkan program Inbound dan Outbound serta program kunjungan pasar domestic. Khusus untuk program inbound dengan mengundang secara selektif kalangan tour operator, whole sales dan jurnalis dari Negara-negara pasar utama pariwisata Bali Tim juga menyiapkan program road sahow kepsar-pasar potensial Bali.